Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik

Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang ALHAD ENTERPRISES ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ADSENSE, Artikel Afilasi, Artikel Bisnis Online, Artikel Click Bank, Artikel HYIP, Artikel Internet Marketing., Artikel Internet Network Service, Artikel PPC, Artikel PTC, Artikel Reseller, Artikel Rokok Herbal SIN, Artikel Survei, Artikel YOUTUBE, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik
link : Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik


Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik

Pada tutorial bagian dua akan dibahas fungsi firewall logging , dimateri sebelumnya telah di bahas fungsi Filter Rule chain input,forward, dan output.  Firewall logging adalah fitur untuk mencatat atau memantau aktivitas user di jaringan kemudian ditampilkan Pada log Mikrotik.  dengan demikian dapat memudahkan Admin jaringan mengetahui aktivitas  router serta Management Jaringan.

Pada skenario latihan akan di praktekan untuk mencatat di Log mikrotik siapa aja yg sering mengakses IP Router mikrotik melalui Ping  dan Via winbox, yang nantinya akan ditampilkan di Log Mikrotik.

Langkah Konfigurasi:

1.       Buat Filter Rule Masuk Ke menu (IP – Firewall – Filter Rule)
2.       Kemudian Buat Filter rule dengan Parameter
Chain                       : Input
Protocol                 : ICMP
In Interface            : Local (Ether2)
Action                     : Log
Log Prefix              : ih-suka-ping


3.       Kemudian Apply, Ok dan Ujicoba Ping dari client, maka Log akan tercatat, seperti terlihat pada gambar dibawah ini


Untuk Mencatat Log yang akses ke mikrotik via Winbox caranya adalah sebagai berikut:

1.       Buat Filter Rule Baru Masuk Ke menu (IP – Firewall – Filter Rule)
2.       Kemudian Buat Filter rule dengan Parameter
Chain                        : Input
Protocol                 : TCP
Dst Port                  : 8291 (Deafult Port Winbox)
In Interface          : Local (Ether2)
Action                     : Log
Log Prefix              : suka-akses-winbox


3.       Kemudian Apply, Ok dan Ujicoba Ping dari client, maka Log akan tercatat, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Untuk Mencatat Log lainnya langkahnya hamper sama hanya disesuaikan Portnya, misalnya akan mencatat  yang masuk ke Mikrotik via  SSH atau telnet tinggal diarahkan saja ke Port nya misal SSH Port 23, Telnet Port 22, Web : 80, 443

Dan sebagai catatan fitur Log ini jika diaktifkan akan memakan Resource Mikrotik, jadi jika akan mengimplementasikan fitur ini RouterBoardnya harus spek yang tinggi minimal RB450 GX4, RB1100, atau Jika ada Budget Gunakan Cloud Core Router (CCR).

Tugas Mandiri

Coba Buat Firewall Logging untuk mencatat aktifitas Client tertentu saat Browsing, sehingga bisa memantau IP Public yang diakses kemana saja. (Memantau Aktifitas Browsing) ?


Demikian Tutorial Sederhana Berkenaan dengan Firewall Logging, ditutorial selanjutnya akan dibahas Implementasi Firewall Logging di Kombinasikan dengan Dynamic Address List



Selamat Mencoba



Salam Padepokan IT
www.padepokanit.com





Demikianlah Artikel Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik

Sekianlah artikel Implementasi Firewall Logging Di Mikrotik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: